Top Ad unit 728 × 90

Breaking News

recent

Utsuro Bane Objek Terbang Pada Zaman Dahulu


Utsuro-bune (うつろ 舟 ‘kapal berongga’?), Juga disebut dengan Utsuro-fune dan Urobune, mengacu pada sebuah obyek tak dikenal yang diduga terdampar pada tahun 1803 di provinsi Hitachi di pantai timur Jepang. Cerita lengkap kisah ini muncul dalam tiga teks: Toen shōsetsu (1825), Hyōryū Kishu (1835) dan Ume-no-Chiri (1844).

Gambar tinta Utsuro-bune oleh Nagahashi Matajirou (1844).

Menurut legenda, seorang wanita muda berparas menarik tiba di pantai lokal dengan sebuah “kapal berongga”. Nelayan membawanya ke pedalaman untuk menyelidikinya lebih lanjut, tapi wanita itu tidak mampu berkomunikasi dalam bahasa Jepang. Para nelayan kemudian mengembalikan ia dan kapalnya lagi ke laut.

Sejarawan, etnolog dan fisikawan seperti Kazuo Tanaka dan Yanagita Kunio telah menilai “legenda kapal berongga” sebagai bagian dari tradisi lama dalam cerita rakyat Jepang. Sementara para pakar UFO mengklaim bahwa cerita ini merupakan bukti untuk sebuah Close Encounter Of The Third Kind.

SUMBER HISTORIS

Versi yang paling terkenal dari legenda ini ditemukan dalam tiga teks:

** Toen shōsetsu (兎 园 小说 ‘cerita dari taman kelinci’), Dikarang pada tahun 1825 oleh Kyokutei Bakin. Naskah ini pada saat ini dipajang di Mukyū-Kai-Toshokan di Machida (Distrik Tokyo). Toen Shousetsu bercerita tentang pertemuan yang mengacu pada kapal aneh yang disebut utsuro-fune (kapal kosong).

** Hyōryū Kishu (漂流 纪 集 ‘buku harian dan cerita dari orang yang terdampar’/Tales of Castaways), yang dicetak sekitar akhir periode Edo (1603-1868). Dokumen ini bertanggal kembali ke setidaknya 1803 dan apa yang dikandungnya telah mengguncang komunitas pemerhati UFO. Teks Ini pada hari ini dipajang di perpustakaan Tenry University di Tenri di Distrik Nara.

** Ume-no-Chiri (‘debu aprikot’ 梅 の 塵?), Dikarang pada tahun 1844 oleh penulis yang relatif tidak terkenal bernama Nagahashi Matajirō. Teks ini pada hari ini dipajang di perpustakaan pribadi Iwase-Bunko-Toshokan (岩 瀬 文库 図 书馆) di Nara.

Gambar tinta Utsuro-bune oleh Kyokutei Bakin (1825).

Deskripsi dari ke-tiga buku mengandung kesamaan, sehingga mereka tampaknya memiliki asal-usul sejarah yang sama. Buku Toen shōsetsu berisi versi yang paling rinci. Meskipun kredibilitas buku-buku ini telah dipertanyakan, namun telah diverifikasi bahwa buku-buku ini ditulis sebelum era UFO modern.

KISAH

Dokumen ini menceritakan kisah-kisah para pelaut Jepang yang menemukan diri mereka di negeri-negeri asing setelah tersesat di laut, juga cerita tentang sebuah benda asing yang terdampar di pantai Jepang. Bagi orang-orang Jepang, yang pada waktu itu hidup dalam periode isolasi nasional yang panjang, cerita-cerita eksotis ini pastilah tampak sangat fantastis.

Cerita ini terjadi pada tanggal 22 Februari pada musim semi tahun 1803, nelayan lokal dari desa Harashagahama di pantai ‘Harayadōri’ (はら やどり) di provinsi Hitachi-no-kuni (sekarang Distrik Ibaraki) melihat sebuah “kapal” karam di perairan. Penasaran, mereka menarik kapal itu ke daratan, diketahui bahwa kapal itu tingginya 3,30 meter (129,9 inci) dan lebarnya 5,45 meter (212,6 inci), bentuknya mirip dengan aKōhako (Alat pembakar dupa Jepang).

Bagian atas kapal tampaknya terbuat dari Rosewood merah dilapisi besi, sedangkan bagian bawah ditutupi dengan pelat tembaga, jelas untuk melindunginya dari batu-batu karang tajam. Bagian atas memiliki beberapa jendela yang terbuat dari kaca atau kristal yang benar-benar transparan dan nelayan bingung saat melihat ke dalam.

Sisi dalam dari kapal tersebut dihiasi dengan karakter-karakter misterius dari alfabet yang ditulis dalam bahasa yang tidak dikenal. Para nelayan menemukan barang-barang di dalam kapal seperti dua lembar tempat tidur, botol diisi dengan 3,6 liter air, beberapa kue dan daging giling.

Kemudian nelayan melihat seorang wanita muda yang cantik, mungkin berusia 18 atau 20 tahun. Ukuran tubuhnya dikatakan 1,5 meter (4,93 kaki). Wanita itu memiliki rambut merah dan alis, rambut memanjang dengan ekstensi putih buatan. Kulit wanita itu berwarna pink pucat. Dia mengenakan pakaian panjang dan kain halus dari bahan yang tidak diketahui.

Wanita itu mulai berbicara, tapi tidak ada yang mengerti dirinya. Karena ia berbicara dengan bahasa asing, mereka yang bertemu dengannya tidak dapat menanyakan dari mana asal-nya.

Meskipun wanita misterius tersebut ramah dan sopan, dia bertindak aneh, karena ia selalu menggenggam kotak terbuat dari bahan pucat dengan ukuran sekitar 0,6 m (23,62 in) yang tampaknya sangat berharga bagi dirinya, karena ia tidak mengizinkan siapapun mendekati kotak tersebut.


Peristiwa ini menciptakan kegemparan di desa itu dan orang-orang bergegas untuk melihat objek yang tidak biasa tersebut. Objek ini dikenal sebagai Utsuro Fune (kapal berongga) .

INVESTIGASI HISTORIS

Penyelidikan sejarah pertama tentang insiden Utsuro-bune dilakukan pada tahun 1844 oleh Kyokutei Bakin (1767-1848). Kyokutei melaporkan tentang sebuah buku bernama Roshia bunkenroku (鲁西 亜 闻 见 录 ‘Rekaman melihat dan mendengar hal-hal dari Rusia’), Yang ditulis oleh Kanamori Kinken. Buku ini menggambarkan pakaian Rusia tradisional dan gaya rambut dan menyebutkan metode populer untuk debu rambut dengan bubuk putih. Hal ini juga menyebutkan bahwa banyak wanita Rusia memiliki rambut merah alami dan bahwa mereka memakai rok, mirip dengan yang ada pada wanita dari legenda.

Berdasarkan buku ini, Kyokutei menyimpulkan bahwa wanita dalam insiden Utsuro-bune itu bisa saja berasal dari Rusia. Dia menulis bahwa kisah-kisah yang mirip satu sama lain, karena mereka hanya berbeda dalam deskripsi minor (misalnya, satu dokumen mengatakan “3,6 liter air”, yang lain mengatakan “36 liter air”). Dia juga mempertanyakan asal-usul simbol eksotis yang diduga ditemukan di dalam dan di atas kapal. Karena ia yakin bahwa ia melihat tanda-tanda serupa pada Paus Inggris saat terdampar sesaat sebelum tulisannya, Kyokutei membayangkan jika wanita itu seorang putri Rusia, Inggris atau bahkan Amerika. Lebih lanjut ia mengungkapkan kekecewaannya tentang gambar dari Utsuro-bune, karena mereka jelas tidak sepenuhnya mirip dengan deskripsi saksi.

INVESTIGASI MODERN

Penyelidikan lebih lanjut dari insiden Utsuro-bune dilakukan pada tahun 1925 dan pada tahun 1962 oleh ahli etnologi dan sejarawan Yanagida Kunio. Dia menunjukkan bahwa kapal berbentuk melingkar adalah sesuatu yang tidak biasa di Jepang pada zaman itu; hanya ciri-ciri gaya barat, seperti jendela yang terbuat dari kaca dan pelat pelindung tembaga, membuat Utsuro-bune terlihat eksotis. Dia juga menemukan bahwa sebagian besar legenda mirip dengan yang ada pada Utsuro-bune terdengar sama: Seseorang menemukan seorang gadis aneh atau wanita muda di dalam perahu melingkar dan menyelamatkan saat terdampar atau mengirim dia kembali ke laut.

Yanagida juga menunjukkan bahwa versi tertua dari Utsuro-bune menggambarkan perahu yang rendah, melingkar dan log terbuka tanpa kubah di atas. Yanagida mengasumsikan bahwa pelat tembaga dan jendela yang terbuat dari kaca atau kristal ditambahkan karena para skeptis akan mempertanyakan kelayakan dari kapal rendah dengan log terbuka di lautan lepas. Sebuah baja yang memperkuat Utsuro-bune dengan jendela kaca akan lebih mudah bertahan hidup selama perjalanan laut daripada perahu yang sederhana.

Dr.Kazuo Tanaka (田中 嘉津夫), profesor teknik komputer dan elektronik dari Gifu University di Tokyo (东京), menyelidiki skrip aslinya pada tahun 1997. Dia menganggap perbandingan populer Utsuro-bune dengan penampakan UFO modern menjadi terlalu mengada-ada. Dia menunjukkan bahwa legenda Utsuro-bune tidak pernah terbang atau bergerak sendiri, juga tidak menunjukkan tanda-tanda teknologi yang luar biasa. Ini hanya mengambang tak bergerak di atas air. Tanaka menyimpulkan bahwa kisah dari Utsuro-bune adalah campuran sastra cerita rakyat dan imajinasi. Dia mendasarkan asumsinya pada investigasi sejarawan Jepang Yanagida Kunio tahun 1925, yang juga telah mempelajari kisah-kisah dari Utsuro-bune.

Penampilan khas wanita Eropa, bagian atas dari Utsuro-bune dan tulisan-tulisan yang tidak diketahui menyebabkan Tanaka dan Yanagida pada kesimpulan bahwa keseluruhan cerita didasarkan pada keadaan sejarah bahwa orang-orang dari periode Edo benar-benar dikemas Jepang terhadap dunia luar. Untuk menghiasi pakaian wanita terdampar dengan atribut Eropa menunjukkan berapa banyak orang takut pengaruh budaya buruk dari dunia barat, terutama Amerika Utara dan Inggris. Kisah Utsuro-bune secara signifikan dibangun dengan cara yang membuat kisah tersebut terdengar luar biasa di satu situs, tetapi menjelaskan diri pada waktu yang sama (wanita dan kerajinan nya dikirim pergi sehingga tidak ada yang bisa berkonsultasi secara pribadi).

Selain itu, Tanaka dan Yanagida menerangkan bahwa orang-orang dari periode Edo berbagi minat yang besar dalam hal-hal paranormal seperti poltergeists, will-o’- the-wisps, ball lightnings dan monsters, sehingga tidak akan mengejutkan jika menemukan cerita perahu eksotis seperti the Utsuro-bune.

UFOLOGIKAL

Selain cerita lengkap dalam berbagai buku, tidak ada catatan dari insiden misterius ini yang ditemukan dalam dokumen resmi di Jepang. Jadi apa yang tersisa adalah lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Mungkinkah pesawat berbentuk UFO hanya bisa berlayar seperti sebuah perahu dan diambil dari cerita rakyat? Atau apakah cerita rakyat ini berdasarkan pengalaman penampakan UFO? ataukah ini hanya sekedar kisah seorang wanita yang terdampar?

Sebuah analisis mendalam dari dua variasi cerita ini dapat ditemukan dalam artikel yang diterjemahkan oleh Kazuo Tanaka berjudul “Apakah Close Encounter Of The Third Kind Terjadi di Pantai Jepang pada tahun 1803?”

Di dalam Ufology, legenda Utsuro-bune telah digambarkan sebagai kasus awal pertemuan jarak dekat dengan Alien yang didokumentasikan berdasarkan kesamaan antara gambar kapal dari periode Edo dan deskripsi piring terbang abad 20.


Para Ufolog menduga objek Utsuro-bune bisa saja kapal selam yang tidak ter-identifikasi (USO). Mereka mencatat simbol misterius yang dilaporkan ditemukan pada objek yang secara teratur muncul sebagai lampiran dalam penggambaran. Mereka menduga karakter tak dikenal dalam kapal serupa dengan simbol-simbol yang dilaporkan pada Insiden Rendlesham Forest di Inggris tahun 1980.


Dengan pemikiran ini, melihat perbandingan simbol dari kasus UFO lain di inggris dengan peristiwa di Jepang 200 tahun yang lalu. Kesamaan ini jelas dilihat dan kemungkinan dari alfabet yang sama.

Pendukung UFO fokus lebih lanjut kepada kotak mengerikan yang dipegang oleh wanita asing serta penampilan fisiknya dan gaun yang tidak biasa sebagai bukti sebuah pertemuan dengan makhluk extraterrestrial. Asumsi dari setiap sejarawan dan etnolog tentang item berulang kali diabaikan.

Artikel dikutip dari : Utsuro-Bune: Tales Of Castaways 1803


Utsuro Bane Objek Terbang Pada Zaman Dahulu Reviewed by Xjoker on 06.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Article of the day © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.